Monday, July 19, 2010

Jenis Laporan

Laporan Keterangan Fisik
Deskripsi laporan fisik menggambarkan karakteristik fisik mesin, perangkat, atau beberapa jenis obyek. Laporan ini juga menjelaskan hubungan antara satu bagian dari obyek ke bagian lain sehingga pembaca dapat memvisualisasikan obyek sebagai satu unit. Laporan deskripsi fisik sering kali dikombinasikan dengan proses, analisis, atau laporan investigasi.

Laporan Proses
Laporan Proses menjelaskan bagaimana produk dihasilkan, evaluasi telah diselesaikan, atau cara perangkat beroperasi dengan menjelaskan rincian prosedur yang digunakan untuk melakukan serangkaian operasi. Laporan Proses dapat disajikan secara umum atau rinci. Laporan proses secara umum ditujukan kepada orang-orang yang tidak secara langsung terlibat dalam melakukan proses. Laporan proses secara rinci dirancang untuk memberikan para pembaca semua informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses.

Laporan Analitis
Laporan analitis secara teliti dan kritis memeriksa laporan satu atau beberapa item, kegiatan, atau opsi. Laporan ini disusun di sekitar analisis bagian komponen atau dasar umum lainnya untuk perbandingan antara opsi. Jenis laporan ini biasanya menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi.

Laporan Hasil Pemeriksaan
Laporan hasil pemeriksaan digunakan untuk melaporkan dan atau mencatat data yang diperoleh dari pemeriksaan terhadap item atau kondisi. Laporan hasil pemeriksaan berbeda satu sama lain dalam hal topik dan panjangnya laporan. Ada yang mirip dengan laporan analitis, tetapi lebih rumit karena informasi yang diperoleh dari pengamatan pribadi. Laporan hasil pemeriksaan secara logika merupakan catatan penyelidikan yang terorganisir seperti misalnya menyelidiki topik kecelakaan atau bencana. Laporan jenis ini biasanya dibuat untuk orang-orang yang tahu tentang subyek dan bukan untuk pembaca umum.

Laporan Laboratorium
Laporan Laboratorium merekam dan mengkomunikasikan prosedur dan hasil kegiatan laboratorium. Peralatan, prosedur, temuan, dan kesimpulan yang jelas, disajikan pada tingkat yang sesuai untuk pembaca dengan beberapa nara sumber sesuai dalam subyek. Laporan laboratorium kadang-kadang disajikan dalam bentuk buku catatan laboratorium menggunakan teks tulisan tangan rapi dan grafik.

Studi Literatur
Tinjauan literatur secara sistematis disusun sebagai ringkasan pustaka pada subjek tertentu. Adalah penting bahwa studi ini didokumentasikan secara benar dan akurat mewakili lingkup dan keseimbangan dari literatur yang tersedia. Kesimpulan yang ditarik mencerminkan koleksi secara keseluruhan dan secara tepat harus mencerminkan berbagai titik pandang. Terlalu sering menggunakan kutipan langsung harus dihindari.

Desain Portofolio
Desain portofolio adalah presentasi yang disusun mulai desain awal dan akhir dari suatu barang-barang seperti alat-alat mekanik, produk, dan karya seni. Ketika merupakan suatu bagian dari kegiatan pendidikan, desain portofolio juga dimungkinkan untuk mencakup analisis masalah, tinjauan desain terkait, evaluasi, dan informasi lainnya. Presentasi dimungkinkan dalam bentuk catatan, sketsa, dan ilustrasi presentasi.

No comments:

Post a Comment